Sabtu, 26 Desember 2009

ORASI dan LITERASI dalam PENGAJARAN BAHASA

Kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa pembelajaran bahasa mencakup empat aspek kemampuan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Menyimak dan berbicara merupakan kemampuan berbahasa yang termasuk kedalam kemampuan orasi, sedangkan membaca dan menulis termasuk kedalam kemampuan literasi. Lalu apakah orasi dan literasi itu? Orasi adalah kemampuan berbahasa yang behubungan dengan lisan. Sedangkan literasi merupakan kemampuan berbahasa yang berhubungan dengan tulisan.
Kemampuan menyimak (orasi) dan kemampuan membaca (literasi) disebut kemampuan reseptif yaitu menerima pesan sedangkan kemampuan berbicara (orasi) dan kemampuan menulis (literasi) disebut kemampuan ekspresif yaitu menghasilkan pesan.

kemampuan berbahasa baik itu menyimak, berbicara, membaca, maupun menulis dilandasi oleh aspek berpikir. Teori Piaget mengemukakan bahwa, berpikir diperoleh terlebih dahulu lalu kemudian kemampuan berbahasa.

Fungsi-fungsi Bahasa dalam Hubungannya dengan Kiat Berbahasa
1. fungsi instrumental
Bahasa berfungsi untuk melayani kebutuhan manusia dalam mengelola lingkungan yang menyebabkan peristiwa-peristiwa tertentu terjadi. Dalam fungsi instrumental bahasa dapat menghasilkan kondisi tertentu, misalnya: "Cepat, kumpulkan PR kalian!" (kondisi yang tercipta adalah mengumpulkan PR); "Jangan biasakan terlambat datang ke sekolah!"(kondisi yang tercipta yaitu datang ke sekolah tepat waktu); "Buang sampah ini ke tempat sampah!(kondisi yang tercipta yaiyu membuang sampah pada tempatnya)". Kalimat biasanya berupa perintah atau larangan.
2. fungsi regulasi
Bahasa berfungsi untuk mengawasi atu megendalikan peristiwa-peristiwa seseorang. Hampir sama dengan fungsi instrumental, yang membedakannya yaitu sifat mengendalikan, menyuruh dan mengatur seseorang secara tidak langsung menjadi ciri dari fungsi regulasi. Contoh: "Jangan bolos, nanti kamu dihukum!"(fungsi instrumental), "Kalau kamu bolos, nanti kamu dihukum" (fungsi regulasi).
3. fungsi interaksional
Bahasa berfungsi untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial. Kalimat yang digunakan biasanya kalimat sapaan seperti "Selamat pagi, Pak Guru!"; "Tulisanmu bagus sekali!"; "Kapan tiba dari Bandung?".
4. fungsi personal
Bahasa berfungsi memberikan kesempatan kepada seseorang untuk mengekspresikan perasaannya. Pengungkapan pribadi oleh dirinya sendiri kepada orang lain ditandai dengan kalimat "Aku hebat!"; "Aku tidak bisa"; "Ayah, dia nakal" dll.
5.fungsi heuristik
Bahasa berfungsi untuk memperoleh pengetahuan dan seluk beluk lingkungan. Kalimat yang digunakan biasanya berupa pertanyaan, misalnya "Mengapa es terasa dingin?"; "mengapa adik menangis?" dll
6. fungsi imajanatif
Bahasa berfungsi memberikan kesempatan kepada seseorang untuk berekspresi melalui gagasan-gagasan yang bersifat imajinatif. Misalnya, menceritakan dongeng, membuat cerita atau puisi dari lamunan, bisa juga dari mimpi.
7. fungsi informasional dan representasional
Bahasa berfungsi untuk membuat pernyataan, menyampaikan fakta-fakta, menjelaskan, menginformasikan atau melaporkan realitas sebenarnya. Misalnya, " Air di sekitar gunung terasa hangat"; "Matahari itu panas"; "buaya itu tinggal di darat dan di air" dll.

-semoga bermanfaat-

1 komentar: