Rabu, 25 November 2009

Media Pembelajaran

Guru mengajar : proses mengorganisir siswa belajar

Murid belajar : proses perubahan perilaku

Proses Belajar Mengajar

Dalam proses belajar mengajar, antara guru dengan murid saling berinteraksi. Dimana dalam interaksi itu guru dan murid saling berkomunikasi. Tidak semua komunikasi dapat berjalan lancar, hal ini dikarenakan ada gangguan-gangguan yang menghambat proses komunikasi. Seperti suara bising, tempat, serta situasi dan kondisi lainnya yang dapat menganggu proses pembelajaran. Untuk itu dalam proses pembelajaran diperlukan media sebagai saluran penyampaian pesan. Saluran ini harus mempunyai ketahanan untuk meminimalisir terjadinya gangguan. Misalnya, ketika dosen atau guru sedang menerangkan suatu materi tiba-tiba terhenti karena ada murid yang kesiangan. Semua perhatian murid lainnya pun ikut terganggu, konsentrasi yang sudah terbentuk buyar seketika. Nah, jika menggunakan media maka proses pembelajarn dapat terarah kembali, karena media baik itu berupa buku atau apa saja yang dapat menjelaskan konsep materi, menjadi pedoman guru dan murid dalam proses pembelajaran.

Aspek-aspek Pembelajaran

Dalam kegiatam proses belajar mengajar, interaksi antara guru dengan murid dibantu dengan adanya media. Namun, dikarenakan kegiatan pembelajaran berorientasi pada kurikulum, maka media yang digunakan pun harus relevan dengan kurikulum.

Pengertian Media Pembelajaran

  • Arti sempit = media adalah perkakas, perabot, alat-alat yang digunakan untuk menjelaskan pesan pembelajaran.
  • Arti luas = segala sesuatu yang dapat menjelaskan pesan dalam pembelajaran. dalam arti luas yang disebut media bukan hanya alat-alat fisik seperti perkakas atau perabotan, akan tetapi semua hal yang dapat menjelaskan konsep atau pesan dalam pembelajaran dinamakan media.

Peranan Media Pembelajaran

Media pembelajaran memiliki dua peranan , yaitu sebagai (alat penunjang) dan sebagai edukatif (dapat memberiakan pengaruh positif).

Fungsi Media Pembelajaran

  1. Penunjang pembelajaran
  2. Penjelas materi pembelajaran
  3. Motivasi siswa belajar
  4. Melatih keterampilan
  5. Pedoman bagi guru

Manfaat Media Pembelajaran

  1. Membantu pemahaman siswa
  2. Membantu guru mengajar
  3. Membawa dunia ke dalam kelas
  4. Melatih keterampilan siswa
  5. Memperkenalkan suatu proses
  6. Mengenal sesuatu yang kasat mata
  7. Menggambarkan materi global
  8. Belajar inovatif
  9. Mengenal teknologi pendidikan

Tujuan Penggunaaan Media Pembelajaran

  1. Memperjelas materi pembelajaran
  2. Pedoman guru dalam menyampaikan sistematika pembelajaran
  3. Memperkenalkan teknologi
  4. Melatih keterampilan siswa
  5. Memotivasi siswa
  6. Memberikan variasi dalam mengajar

Jenis-jenis media Pembelajaran

  1. Media langsung misalnya, ketika sedang menerangkan air maka media langsungnya adalah air.
  2. Media tak langsung
  3. Media proyeksi misalnya, LCD, OHV, film, CD, dll.
  4. Media audio misalnya, radio, kaset, dll.
  5. Media visual misalnya, gambar.
  6. Media audio-visual misalnya televisi
  7. Media taktil/manipulatif

Prosedur Penggunaan Media Pembelajaran

  1. Pemilihan media pembelajaran
  2. Pembuatan dan penyediaan media pembelajaran
  3. Pengunaan media pembelajaran
  4. Evaluasi penggunaan media

Pemilihan Media Pembelajaran

  1. Sesuai dengan tujuan pembelajaran
  2. Sesuai dengan perkembangan siswa
  3. Sesuai dengan kemampuan guru
  4. Praktis digunakan
  5. Mudah diperoleh
  6. Kontekstual, sesuai dengan konteks siswa
  7. Efektif-efisien

Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran

  1. Membangkitkan motivasi
  2. Memperjelas materi pelajaran
  3. Mempercepat pemahaman
  4. Mudah digunakan
  5. Mudah diperoleh
  6. Sederhana
  7. Inovatif
  8. Efektif-efisien

Pembuatan dan Penyediaan Media Pembelajaran

Langkah-langkahnya :

  1. Pemahaman tujuan dari materi pelajaran
  2. Penyediaan bahan pembuatan media pembelajaran
  3. Pembuatan media
  4. Uji coba
  5. Pengadaan media pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar